Selasa, 29 Januari 2013

Kunjungan Pembuatan Tahu dan Pendampingan terakhir

Hari Kesembilan : Selasa, 29 Januari 2013

Hari ini para mahasiswa memulai aktifitas dengan berkunjung ke rumah H. Mugheni, salah satu pengarajin tahu di Tegal yang sudah menggunakan konsep semi modern dan melanjutkan pendampingan pemanfaatan ampas tahu di kelompok Pesalakan untuk kedua kalinya. Atau bisa dibilang hari ini hari terakhir pendampingan pemanfaatan ampas tahu menjadi berbagai macam makanan alternative. Dan selanjutnya hari kamis besokakan dilanjutkan pembekalan bagaimana cara pengemasan dan pemasaran oleh dosen UNIMUS.
Mereka mulai berangkat dari posko jam 09.00 pagi menuju ke rumah H. Mugheni. Mereka di sana dijari bagaimana proses pembuatan tahu semi modern. Mereka juga diberi kesempatan untuk mencoba membuat tahu mulai dari pembersihan kedelai. Karena kedelai yang bersih berpengaruh  pada tekstur dan rasa tahu itu sendiri. Mereka juga mencoba mengecek tingkat keasaman adonan tahu di bawah pengawalan pak Mugheni. Setelah selesai di rumah beliau, mereka pulang posko sebentar untuk istirahat dan jam 14.00 mereka ke rumah pak Sami’un untuk melanjutkan pendampingan pemanfaatan ampas tahu.
Saat di rumah pak Sami’un, mereka memasak nugget dan mie. Sempat terjadi kecerobohan dalam persiapan memasak hari ini, yaitu di persiapan nugget. Ternyata beberapa di antara mereka ada yang lupa membawa beberapa bahan utama dari nugget itu sendiri. Namun, kemudian bisa segera terselesaikan dengan segera mengambil bahan-bahan tersebut di posko dan mulailah membuat nuggetnya dengan campuran daging sapi.
Dalam proses pembuatan dua makanan tersebut, mie lebih dulu jadi karena tidak memerlukan waktu lama dalam prosesnya. Berbeda dengan nugget yang perlu dikukus dulu selama kurang lebih 40 menit. Dan setelah selesai pembuatan, Alhamdulillah sukses semua. Mereka begitu senang karena pada wala pembuatan sempat terjadi beberapa kesalahan tapi ternyata tidak menghalangi untuk terciptanya makanan yang memiliki cita rasa yang enak dan disukai para ibu di sana.

0 komentar:

Posting Komentar