Jumat, 01 Februari 2013

Instalasi Pengolahan Air Limbah di Desa Adiwerna


Minggu pertama, Hari ketiga
Rabu, 23 Januari 2013

Hari yang penuh semangat, setelah tim KKN Vokasi Universitas Muhammadiyah Semarang  sukses memberi pelatihan memasak kepada seluruh  peserta KKN  pada  pagi tadi di Kantor Balai Desa Adiwerna. Kegiatan selanjutnya adalah survei ke tempat pengolahan limbah cair dari produksi tahu. Dimulai pukul 14.00 sampai dengan 16.00 Wib, banyak pelajaran yang didapat oleh tim KKN ketika mengunjungi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), mulai dari cara kerja dari IPAL dan manfaatnya. Diberadakannya IPAL berawal dari banyaknya keluhan  warga tentang pencemaran lingkungan, akhirnya Pemda Kabupaten Tegal, Kementrian Negara Lingkungan Hidup Indonesia-Jerman (ProLH)  menjalin kerjasama untuk mendukung kegiatan para pengrajin tahu dalam rangka meningkatkan efisiensi dan mengurangi dampak rusaknya lingkungan, kemudian Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) memfasilitasi beroperasinya IPAL untuk mengupayakan pengolahan limbah cair dari produksi tahu. Pengrajin dengan kondisi tertentu dapat memanfaatkan gas methan hasil pengolahan limbah cair untuk memasak melalui kompor biodigester.

Proses pada  Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)  ini digunakan untuk mendapatkan proses anaerobik yaitu proses yang terjadi karena aktivitas mikroba yang dilakukan pada saat tidak terdapat oksigen bebas. Secara umum proses anaerobik akan menghasilkan gas Methana (Biogas). Biogas adalah gas yang dihasilkan dari pembusukan bahan-bahan organik oleh bakteri pada kondisi anaerob (tanpa ada oksigen bebas). Biogas tersebut merupakan campuran dari berbagai macam gas antara lain : CH4 (54%-70%), CO2 (27%-45%), O2 (1%-4%), N2 (0,5%-3%), CO (1%), dan H2 <<<<< (KLH, 2006). Bersumber dari teknisi IPAL “Sifat penting dari gas metan ini adalah tidak berbau, tidak berwarna, beracun dan mudah terbakar. Karena sifat gas tersebut, maka gas metan ini termasuk membahayakan bagi keselamatan manusia, tetapi masih ada manfaat yang bisa diambil yaitu sebagai bahan sumber energi karena gas metan sama dengan gas elpiji (liquid  petroleum gas/LPG), jadi masih bisa dimanfaatkan untuk memasak oleh warga sekitar”.

Lebih dari 100 warga telah memanfaatkan hasil dari pengolahan air limbah, saat ini di Desa Adiwerna sendiri terdapat 360 pengrajin tahu, kapasitas produksi rata-rata setiap pengrajin tahu perhari adalah 40-80 kg kedelai. Sehingga limbah dari produksi tahu sangat melimpah. Beberapa jenis limbah telah dimanfaatkan, limbah ampas tahu diambil masyarakat sekitar, warga Boyolali, Banyumas, dan Pati untuk pakan ternak. Sedangkan air limbah pernah dimanfaatkan untuk pembuatan Nata de soya. Saat ini tim KKN Vokasi Universitas Muhammadiyah Semarang sedang mencoba memberi pelatihan kepada warga  Adiwerna untuk mengolah limbah ampas tahu menjadi berbagai makanan kecil seperti Nugget, Onde-onde ketawa, Mie, Cheestik, Saos, Jam, dan masih banyak yang lainnya. Jadi ampas tahu bisa dimanfaatkan menjadi makanan dan limbah cair juga bisa dimanfaatkan untuk diambil gas metannya kemudian disalurkan ke rumah-rumah warga untuk keperluan memasak. Selesai sudah rangkaian kegiatan hari ketiga ini, saatnya tim pulang ke posko untuk istirahat, evaluasi, merancang dan mempersiapkan kegiatan esok hari.

5 komentar:

  1. LINGGATAMA CITRA PERKASA, Importir FUTSU BLOWER dan OXIFLEX Fine Bubble diffuser original Taiwan . Perusahaan kami bergerak melayani jasa: Disain, Pembuatan & Perawatan IPAL (WTP-STP-WWTP-dll) untuk limbah Domestik & pengadaan alat MEKANIKAL dan ELECTRICAL.

    Bila anda berminat Hub :
    LINGGATAMA CITRA PERKASA
    Pondok Mitra lestari, Blok C15 No 1, Jl.Raya Pekayon, Jatiasih Bekasi.
    Tel : 021-71644359, 82420286, 7290172. Fax : 021-82426349
    Email : tatasen76@yahoo.co.id

    Kunjungi Blog kami :
    http://linggatamacitraperkasa.blogspot.com
    http://linggatamacitraperkasa.wordpress.com
    http://linggatamacitraperkasa.webs.com

    BalasHapus
  2. wah Hebat kepada adik adik universitas Mohammadyah
    perkenalkan . saya dari PT Biotirta Kencana, bergerak dibidang perencanaan dan desain pengolahan air limbah maupun air bersih.STP/WTP dan WWTP, proyek yg sering adalh rumah sakit bangunan gedung kantor, industri maupun rumah tinggal.
    boleh buat rekan rekan lainnya kalau mau kkn ke proyek proyek kita, asal ada surat pengantar dr univ yaa.
    lihat blog kita deh : instalasipengolahanlimbah.blogspot.com
    pengolhanairlimbahmurah.blogspot.com

    email: biotirta13@yahoo.com, atau langsung ke saya ( bag pr)
    santyastari@yahoo.com

    BalasHapus
  3. ralat nama blog biotirta, yang benar : pengolahanairlimbah-bioirta.blogspot.com

    BalasHapus
  4. oke..kami (mahasiswa unimus) akan tindak lanjuti ke depan

    BalasHapus
  5. artikelnya sangat bermanfaat, informasi yang disampaikan sangat jelas dan mudah di pahami. kebutulan kami pun membahas  Instalasi Pengolahan Air Limbah dan merupkan Konsultan Ipal . kunjungin web kami disini

    BalasHapus