Jumat, 01 Februari 2013

Kelabu yang Mencerahkan


Hari Kesebelas : Kamis, 31 Januari 2013

Itulah tema yang tepat untuk kegiatan hari ini. Di mana para mahasiswa harus menerima suatu kenyataan bahwa manusia hanya bisa merencanakan dan tuhan lah yang menentukan segalanya. Apakah harapan kita bisa terwujud atau tidak, itu semua ada di tangan-NYA.
Kegiatan utama hari ini adalah mengadakan seminar pembekalan ibu-ibu peserta KKN Vokasi UNIMUS. Ada 3 materi, yaitu sanitasi, pengemasan dan labeling(MATERI), dan marketing(MATERI). Untuk materi materi sanitasi disampaikan oleh pak Joko Isworo (dosen jurusan teknologi pangan UNIMUS), materi pengemasan dan labeling disampaikan oleh Soni Kurniawan (mahasiswa semester 5 jurusan teknologi pangan UNIMUS), dan materi marketing disampaikan oleh pak Setya Iryanto (dosen sekaligus dekan fakultas ekonomi UNIMUS.
Dari semua materi mungkin hanya satu materi yang agak disesalkan, yaitu materi pengemasan dan labeling. Karena materi tersebut seharusnya disampaikan langsung oleh ahlinya, yaitu bu Siti Aminah (dosen sekaligus kaprodi jurusan teknologi pangan UNIMUS). Kenapa disesalkan bukan beliau yang mengisi? Karena selain beliau lah yang ahlinya, juga ibu-ibu peserta sebenarnya masih banyak yang belum bisa bertemu dan berinteraksi langsung dengan beliau. Para ibu begitu antusias ingin bertemu beliau karena setelah membaca dan mepelajari buku karya dari beliau, yaitu buku panduan dalam pemanfaatan ampas tahu menjadi berbagai macam makanan alternative. Walaupun sudah ada penggantinya yaitu saudara Soni Kurniawan, tapi tetap saja tidak terasa feel yang diinginkan oleh peserta KKKN Vokasi terutama dalam materi pengemasan dan labeling.
Tidak hanya itu, dalam acara seminar tersebut juga dihadiri hanya separuh dari jumlah peserta KKN Vokasi UNIMUS. Walaupun para mahasiswa KKN sudah berupaya mengundang dan selalu mengkorfimasi ulang kehadiran mereka. Tapi apalah mau dikata, para mahaiswa hanya bisa berusaha atau merencanakan dan hasilnya hanya Allah yang mengatur.
Dan kelabu yang terakhir adalah ketika para mahasiswa yang sedang ingin berkunjung lagi ke Nata Jaya, perusahaan tahu murni untuk bertemu dengan pak Andi bersama dosen UNIMUS. Di sana mereka terlambat 10 menit. Di mana 10 menit sebelum mereka datang pak Andi masih di rumah, tapi mereka tiba di sana setelah pak Andi pergi keluar kota. Sungguh hari yang begitu kelabu.
Tapi dari semua kelabu tersebut pasti ada hikmah di baliknya. Karena Allah telah mengatur segalanya untuk umatnya. Kita harus sabar dan senantiasa selalu berserah diri kepada-NYA. Pasti kan tiba waktunya yang indah buat kita semua. Amin

0 komentar:

Posting Komentar