Minggu, 27 Januari 2013

Hari ketiga KKN vokasi UNIMUS

Kegiatan inti hari ke-3 ini adalah pemberian pelatihan teknologi pengolahan ampas tahu menjadi produk alternative yang bernilai jual tinggi. Kegiatan ini dilaksanakan dibalai desa Adiwerna. Kegiatan peklatihan diawali dengan depmbukaan terlebih dahulu. Rangkaian kegiatannya adalah, sbb:
  1. Pembukaan
  2. Kultum oleh Ainur Ridlo (Ketua Kelonmpok mahasiswa KKN Vokasi) isinya tentang etos kerja keras (Kajian Surat Al Insyirah : 7-8)
  3. Sambuatan dari Ibu Eny Winaryati (Dosen Pendamping KKN Vokasi)
  4. Sambutan dari bapak Muh. Ridlo (perwakilan UPTD Adiwerna)
  5. Penutup
Kegiatan inti pelatihan dari KKN Vokasi ini disampaikan oleh ibu Siti Aminah, STp, M.Si.  Beliau adalah ahli  dibidang teknologi pengolahan pangan. Guna memperjelas kegiatan pelatihan ini, Tim pendamping KKN Vokasi ini, telah menyusun Buku Panduan Pengolahan Ampas Tahu. Produk olahan yang akan diberikan kepada ibu-ibu di wilayah desa Adiwerna meliputi: pembuatan tepng ampas tahu, selai, jam, onde-onde ketawa, saos tomat, saos sambal, chies stik, krupuk, dll. Seluruh produk telah di ujicobakan oleh mahasiswa KKN bersama TIM dan dibantu beberapa mahasiswa prodi Teknologi Pangan Universitas  Muhammadiyah Semarang (UNIMUS). Kegiatan uji coba dilakukan di laboratorium Teknologi Pangan (TekPang UNIMUS).
Rencana dari TIM KKN Vokasi di desa Adiwerna, jumlah peserta adalah 30 orang. Namun pasca pembukaan yang dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2013, banyak ibu-ibu yang berkeinginan untuk ikut. Sehingga jumlah peserta bertambah menjadi 50 orang. Bahkan dukuh Pesalakan, ketua paguyuban pengrajin tahunya yakni bapak Drs. Sami’un sangat berharap untuk memberi pembelakalan kepada warganya sebanyak 20 orang.
 


1 komentar: